Ketinggian Banjir yang Rendam Permukiman Penduduk di Jombang Capai 1 Meter

Ketinggian Banjir yang Rendam Permukiman Penduduk di Jombang Capai 1 Meter – Banjir menyerang.menimpa 5 desa di 3 kecamatan lokasi Kabupaten Jombang. Ketinggian air yg pernah merendam permukiman masyarakat meraih 1 mtr..

Banjir diantaranya merendam Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung. Banjir mulai naik sejak mulai jam 04.00 WIB.

Banjir di kampung ini karena meluapnya Sungai Gunting. Sungai itu tidak bisa menyimpan air hujan yg mengguyur sejak mulai jam 01.00 WIB.

“Banjir mulai masuk ke rumah kira-kira subuh barusan, jam 04.00 WIB,” kata Umar Yani (44), salah seseorang masyarakat Dusun Kebondalem pada wartawan di area, Selasa (9/4/2019).

Banjir di kampung ini pernah meraih ketinggian 1 mtr., atau setinggi dada orang dewasa. Biarpun demikian, sejumlah besar masyarakat menentukan bertahan di dalam rumah mereka semasing.

“Banyak barang yang wajib dijaga. Umumnya sekejap surut banjirnya,” tutur Ika Puspita Dewi (29), masyarakat Kebondalem yg tidak mengungsi.

Kepala Tubuh Penanggulangan Tragedi Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Abdul Wahab mengatakan, banjir ini hari berlangsung di 5 desa di Kecamatan Mojoagung, Mojowarno serta Jogoroto. Akan tetapi, banjir sangat kronis berlangsung di Desa Kademangan, Betek serta Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung.

“Banjir kesempatan ini lantaran ada penyumbatan di Sungai Pancir serta Kali Gunting. Anggota kami bersama masyarakat serta pemerintah desa selekasnya akan bersihkan soal penyumbatan itu,” jelasnya.